Kopi Arabika Terbaik di Indonesia

Kopi Arabika Terbaik di Indonesia

Kopi memang memiliki berbagai jenis dan setiap jenisnya memberikan aroma yang khas. Salah satu jenis kopi yang paling disukai adalah kopi arabika. Kopi jenis ini sendiri masuk ke Indonesia dibawa oleh Belanda pada tahun 1699 yang didatangkan langsung dari Malabar, India, ke Indonesia. Kopi ini sendiri merupakan salah satu yang paling digemari oleh pecinta kopi di dunia karena memiliki cita rasa yang paling nikmat. Terlebih kopi jenis ini juga memiliki potensi sebagai salah satu kopi single origin dengan nilai jual yang amat tinggi di pasar ekspor. Di Indonesia, ada  beberapa macam jenis kopi ini yang memiliki kualitas terbaik hingga terkenal ke mancanegara.

3 Kopi Arabika Terbaik di Indonesia yang mendunia

Kopi jenis ini memang populer di Indonesia karena memiliki rasa yang otentik. Terlebih lagi, wilayah Indonesia juga cukup luas sehingga tiap kebun memiliki karakter rasa tersendiri. Ada banyak sekali jenis kopi ini yang terkenal hingga mancanegara, namun  disini hanya ada 3 kopi yang paling disukai dan terkenal hingga ke dunia.

Arabika Toraja

Kopi yang pertama adalah Arabika Toraja. Kopi dengan nama Celebes Kalos ini memang paling banyak di ekspor khususnya ke Jepang. Keunikan dari kopi satu ini adalah adanya aroma tanah, kecut, dan sedikit manis buah setelah merasakannya yang pahit namun tipis. Kopi arabika ini sendiri masih diproses dengan metode yang cukup tradisional. Hal inilah yang menjadikan rasanya begitu kaya dan menjadi salah satu varian istimewa dari Indonesia.

Arabika Sumaterea

Varian yang kedua adalah Arabika Sumatera. Kopi ini merupakan kopi yang paling terkenal diluar negeri khususnya dari Mandailing dan Gayo. Hal tersebut ara kaitannya dengan popularitas karena kopi ini paling sering dibahas. Masyarakat Amerika sendiri memang dikenal sangat menyukai jenis kopi ini. Selain itu, kopi mandailing diburu oleh pecinta kopi karena tingkat keasamannya rendah dan kekentalannya tinggi. Sedangkan untuk kopi Aceh Gayo memiliki tingkat keasaman rendah dengan aroma rempah yang kuat.

Arabika Bali

Selanjutnya adalah arabika Bali. Meskipun Bali memiliki wilayah yang kecil, pulau ini menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Keunikannya jika dibandingkan dengan kopi lokal lainnya adalah bebas dari rasa rempah yang kuat.  Dalam hal ini, anda bisa mencicipi arabika Bali Kintamani yang memiliki rasa asam segar dimulut dengan after taste pahit. Selain itu, rasanya juga cukup manis sehingga cukup cocok bagi yang tidak terlalu menyukai rasa pahit di lidah.  

Itulah beberapa jenis kopi arabika yang ada di Indonesia dan terkenal hingga ke mancanegara. Setiap kopi dari daerah memang memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga banyak orang yang suka kopi sesuai dengan selera mereka masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *