Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Si Kecil

Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Si Kecil

Seperti yang kita semua sudah ketahui, air adalah salah satu komponen utama dan terpenting dari tubuh manusia. Di 1 tahun pertama usia anak, total volume air di dalam tubuhnya bisa mencapai sekitar 65 hingga 80 persen dari berat badannya. Kemudian, seiring dengan usianya yang semakin bertambah, presentase ini sedikit demi sedikit turun menjadi 55 hingga 60 persen dariberat badan Ketika anak beranjak ke usia remaja. Itulah kenapa cairan tubuh sangat diperlukan oleh si kecil guna mendukung aktifitas sehari-hari serta untuk menjaga Kesehatan badannya. Di sinilah kitab isa melihat manfaat banyak minum air putih. Pasalnya, baik air putih ataupun mineral termasuk sumber cairan yang sangat bagus untuk si kecil.

Apa Saja Manfaat Minum Air Putih?

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari air putih untuk anak. Salah satunya adalah untuk mendukung kerja dari organ tubuh si kecil. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk membantu proses pencernaan. Bahkan, air putih dibutuhkan untuk mendukung sistem imun dan juga mengatur suhu tubuh. Sepanjang hari selama beraktifitas, si kecil kehilangan cairan tubuh lewat keringat & buang air. Itulah kenapa anak harus minum air putih yang banyak supaya tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Apa Saja Manfaat Air Mineral?

Setelah tahu manfaat banyak minum air putih, sekarang kita beralih ke air mineral. Tak hanya air putih, air mineral pun juga bisa menjadi alternatif asupan cairan untuk si kecil. Air mineral memiliki kandungan mineral tertentu seperti sodium, kalsium, magnesium, dan potassium. Perlu diketahui, air mineral dapat berupa air yang berasal dari sumber air alami dan diproses untuk diberikan tambahan mineral. Itulah kenapa air mineral dibutuhkan untuk membantu si kecil mendapat tambahan asupan mineral bagi tubuhnya.

Berapa Banyak Air Minum yang Diperlukan dalam Sehari?

Kebutuhan cairan tubuh tidak sama. Biasanya perbedaan kebutuhan air minum disesuaikan pada umur. Namun, ada juga faktor lain yang mempengaruhinya seperti lemak tubuh, masa otot, dan jenis kelamin. Di usia 0 sampai 12 tahun, tubuh butuh cairan sekitar 180 ml. Pada usia 13 sampai 15 tahun, cairan yang dibutuhkan sekitar 2000 ml, yakni 8 gelas sehari.

Untuk kalian yang beraktifitas berat dan di luar ruangan, kebutuhan cairan juga tentu saja akan semakin banyak. Mengingat manfaat banyak minum air putih yang sangat besar, pastikan kalian para orang tua memberikan asupan minuman untuk si kecil dengan jumlah yang cukup. Selain air putih, minuman seperti jus buah asli, susu, dan air mineral juga membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian. Begitu juga dengan buah-buahan atau sayur-sayuran yang mengandung banyak air.

Leave a Reply

Your email address will not be published.